Google Sketchup | Interior Design Software Paling Simple

house design software

Ini dia program 3D favorit saya! Google Sketchup. Google Sketchup adalah interior design software yang menghasilkan gambar menyerupai 3D, karenanya software ini cukup ringan. Kapasitas sebelum terinstal berkisar 50 MB. Interface-nya cukup sederhana, tanpa banyak tool-tool perintah yang mengesankan rumit. Proses menggambarnya pun cukup menyenangkan.

Ringannya penggunaan interior design software ini disebabkan hasil gambar yang dihasilkan sebenarnya masih dalam wujud 2 dimensi, hanya saja terlihat seperti 3 dimensi. Ini seperti menggambar kubus atau obyek 3 dimensi lain pada lembar kertas biasa, tetap bisa tampak seperti 3D. Tapi jangan salah, hasilnya bisa seperti ini nih…

program desain interior

Hasil render desain Google Sketchup

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu SketchUp, SketchUp adalah interior design software yang bersifat freeware dari Google yang bisa anda gunakan untuk membuat dan memodifikasi bentuk 3 dimensi. Saat ini Google merilis SketchUp versi terbarunya yaitu SketchUp 8.0 yang memiliki beberapa fitur baru sekaligus perbaikan fitur dari versi interior design software yang sebelumnya. SketchUp 8.0 didesain untuk lebih mudah digunakan untuk mendesain dan mebuat obyek 3 dimensi. Dengan smart object, anda bisa mendesain model 3D dengan lebih mudah. Adapun untuk melengkapi gambar interior anda seperti meja, kursi, dsb dengan SketchUp 8.0 anda juga bisa mencari model 3D di 3D Warehouse milik google dari component browser yang siap untuk anda gunakan atau anda edit sesuai keperluan anda.

Berikut ini beberapa fitur terbaru dari SketchUp :

1. Support untuk model 3D berukuran besar, dengan orbiting dan zooming membuat hasil desain lebih halus dan detail.

2. Memperbesar desain tanpa stretching, sehingga anda bisa membuat disain anda lebih besar, atau lebih panjang, atau lebih lebar dan sebaliknya tanpa kehilangan detail dari hasil desain dan tidak ada distorsi gambar.

3. Memiliki opsi komponen yang bisa anda gunakan untuk merubah properties obyek dengan lebih cepat.

4. Support Photo Texture

5. Support import dan export file COLLADA dan KMZ

5. Dukungan 3D warehouse dari google dimana anda bisa mencari dan menggunakan hasil desain melalui fitur component browser yang telah disediakan.

6. Anda bisa upload hasil desain anda, download hasil desain dari desainer lainnya dan masih banyak lagi fitur 3D Share lainnya melalui Google 3D Warehouse.

Selain itu, untuk urusan gambar kerja yang akan kita serahkan ke tukang, wah program ini bener-bener mewakili apa yang saya inginkan. Cepat, praktis, akurat dan mudah digunakan. Mau coba? Ada nih versi 8.0, download disini..